07 June 2009

Sinopsis : Jadilah Pumuda Kahfi


Penulis :Dr. A'idh Al-Qarni

Berbagai berita di media massa tentang perilaku generasi muda hari ini, begitu menarik perhatian seorang A’idh Al-Qarni, seorang ulama terkemuka jazirah Arab yang terkenal di Indonesia dengan buku best sellernya Lâ Tahzan.

Sebagaimana pandangan para psikolog, yang menganggap perilaku seseorang berbuat jahat, bisa jadi bukan karena dia jahat, tetapi karena stigma negatif yang terlanjur dilekatkan. Dr. A’idh Al Qorni, M.A melihat fenomena itu dari dimensi lain, ia tidak ingin terjebak pada tradisi penghakiman belaka. Menurutnya, para pemuda yang terjebak pada ‘dunia hitam’ semacam ini, tidak boleh dikambinghitamkan, justru mereka itulah ‘entitas’ yang harus disayangi. Karena sejatinya pada sanubari mereka masih terukir kalimat tauhid. Ibarat besi berkarat, yang diperlukan adalah membersihkannya. Apalagi, kerusakan mereka kadang karena faktor lingkungan dan sunyinya ajakan kepada kebaikan yang disampaikan dari hati ke hati.

Dengan gaya bertutur, sang Doktor mengekspresikan cintanya kepada para pemuda melalui nasehat-nasehat berharga. Dengan tidak menggurui, secara eksplisit beliau ingin menyadarkan, “Begini Seharusnya Pemuda!”

No comments:

Post a Comment